Manfaat Kalsium dan Vitamin D dalam Segelas Susu Coklat MILO

Manfaat Kalsium dan Vitamin D dalam Segelas Susu Coklat MILO

Susu coklat merupakan salah satu sumber kalsium dan vitamin D yang baik untuk dikonsumsi anak-anak setiap hari. Dalam hal ini, salah satu produk susu yang dapat menjadi pilihan sehari-hari adalah susu coklat MILO yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral, di antaranya kalsium dan vitamin D yang baik untuk membantu kecukupan nutrisi.

Mau tahu lebih jauh apa saja manfaat kalsium dan vitamin D yang bisa anak-anak dapatkan dari segelas susu coklat MILO? Berikut uraiannya.

  1. Manfaat Kalsium dalam Proses Tumbuh Kembang Anak

Sudah kita ketahui bersama bahwa kalsium memiliki manfaat penting dalam pertumbuhan tulang. Ternyata, selain itu, kalsium juga memiliki manfaat lain untuk tulang, yakni untuk meningkatkan kepadatan tulang. Di samping itu, kalsium juga memiliki manfaat untuk mengoptimalkan tinggi badan anak dan meningkatkan kekebalan pada sistem imun tubuh.

Sebagaimana dikutip dari Healthy Kids Association, tulang adalah tempat penyimpanan kalsium atau bank kalsium dalam tubuh. Anak yang mengalami kekurangan kalsium, maka kebutuhan akan kalsium ini untuk proses-proses dalam tubuh akan dipenuhi dengan cara menarik kalsium dari tulang. Sebagai akibatnya, tulang akan berisiko menjadi rapuh dan rawan patah.

  1. Kadar Kebutuhan Kalsium pada Anak

Setiap orang memiliki kadar kebutuhan kalsium yang berbeda-beda yang sesuai dengan umurnya. Anak berusia 7 tahun membutuhkan kalsium sejumlah 1000 mg per harinya. Kemudian pada anak yang berusia 8 sampai 18 tahun, dibutuhkan kalsium sebanyak 1300 miligram per hari.

Apabila kebutuhan kalsium per harinya tidak terpenuhi maka akan berisiko menimbulkan gangguan pada kesehatan seperti pertumbuhan tulang yang menjadi tidak maksimal atau mengalami kelainan tulang. Selain itu, risiko penyakit osteoporosis juga dapat diakibatkan oleh kekurangan konsumsi kalsium harian.

Untuk mendapatkan kalsium harian yang dibutuhkan oleh tubuh, makanan yang baik untuk dikonsumsi adalah sayuran yang berdaun hijau tua seperti bayam, brokoli, dan lainnya. Di samping itu, makanan yang juga baik dikonsumsi adalah kacang almon, kacang kedelai, telur, ikan sarden, dan produk-produk olahan susu.

  1. Manfaat Vitamin D untuk Pertumbuhan Anak

Kalsium membutuhkan vitamin D dalam proses membangun tulang. Dalam hal ini, kebutuhan vitamin D dalam setiap harinya untuk anak berusia lebih dari setahun adalah 600 IU vitamin D. Selain itu, vitamin D juga dibutuhkan dalam merawat kesehatan jantung dan memerangi infeksi dalam tubuh.

Sementara itu, untuk mendapatkan vitamin D, kita semua tahu bahwa matahari adalah sumber vitamin D yang terbaik. Kita bisa berjemur beberapa menit setiap hari untuk mendapatkan vitamin D. Di samping itu, sumber vitamin D yang baik di antaranya adalah yogurt, sereal, susu, dan juga produk-produk olahan susu.

Anak-anak membutuhkan kalsium dan vitamin D dalam jumlah yang cukup setiap harinya. Untuk membantu memenuhi kebutuhan tersebut, anak-anak bisa diberi susu coklat MILO 3in1 yang juga dapat memberikan mereka energi untuk beraktivitas sepanjang hari.