5 Tips Ajarkan Kebiasaan Bersih pada Anak di Masa Pandemi

5 Tips Ajarkan Kebiasaan Bersih pada Anak di Masa Pandemi

Menjalani masa pandemi bersama buah hati tentu tidak terasa mudah. Sebagai orangtua Anda harus berusaha sebaik mungkin memberi perlindungan terbaik kepada anak. Usaha melindungi si kecil bisa disempurnakan oleh produk sabun antibakteri Lifebuoy. Promo Lifebuoy di marketplace bisa dimanfaatkan agar Anda bisa belanja lebih hemat demi melindungi si kecil dari virus dan bakteri.

Mengajarkan Kebiasaan Bersih

Penting sekali bagi orang tua untuk mengajarkan kebiasaan hidup bersih pada anak terutama di masa pandemi seperti sekarang. Berikut ini pilihan cara yang dapat dilakukan untuk menanamkan kebiasaan bersih pada si kecil.

1.     Berikan Pengertian

Langkah pertama yang perlu Anda tempuh adalah memberi pengertian kepada anak. Lewat komunikasi yang baik, anak pasti akan mengerti dan mudah menjalankan apa yang Anda minta. Jelaskan bahwa saat ini ada virus di luar sana yang bisa masuk ke tubuh kapan saja. Berikan pengertian apa saja yang harus mereka lakukan agar terlindung dari virus tersebut.

2.     Jadilah Contoh

Orangtua harus bisa menjadi contoh bagi anaknya. Jika Anda ingin anak menerapkan kebiasaan bersih dan sehat, maka berikanlah contoh. Ajak anak melihat Anda mencuci tangan, membiasakan bersin dengan menutup mulut, memakai masker, dan lain sebagainya. Anak akan melihat apa yang Anda lakukan dan secara otomatis mengikuti tindakan tersebut.

3.     Sediakan Perlengkapan Kebersihan

Jika ingin anak hidup bersih dan sehat, maka sediakan fasilitas yang lengkap. Salah satu contohnya adalah dengan menyediakan sabun cuci tangan agar anak rajin mencuci tangan.

Anda bisa berbelanja produk sabun ini lewat program promo Lifebuoy yang ada di marketplace. Jika fasilitas yang dibutuhkan lengkap, maka anak pasti semakin bersemangat untuk menjaga kebersihan.

4.     Ajak Anak secara Lembut

Ingatkan anak Anda untuk mencuci tangan, memakai masker, dan kebiasaan lainnya yang harus dilakoni selama pandemi. Ajak anak Anda tanpa harus memaksa mereka. Gunakan kalimat yang tepat dan nada yang lembut agar anak mau mematuhi perintah tersebut.

5.     Ciptakan Suasana Menyenangkan

Orangtua juga bisa menciptakan suasana yang seru saat anak menerapkan kebiasaan bersih. Misalnya bernyanyi saat mencuci kedua tangan atau ketika memakai masker. Ajak anak mandi sambil bermain gelembung untuk menjaga kebersihan tubuh mereka setelah beraktivitas. Jika dilakukan dengan cara yang seru, anak pasti akan menyukainya dan jadi lebih bersemangat.

Itulah 5 cara efektif mengajak anak untuk membiasakan diri hidup bersih dan sehat selama masa pandemi. Tips parenting lainnya yang berhubungan dengan kebiasaan hidup bersih dan sehat bisa Anda dapatkan dari berbagai sumber. Jangan lupa sharing juga dengan teman sesama orangtua mengenai metode pengasuhan yang tepat selama pandemi masih terus berlangsung.