Pilar Indonesia Emas dengan Ekonomi Kreatif

Pilar Indonesia Emas dengan Ekonomi Kreatif

Tonggak penting Indonesia emas berada pada kemandirian masyarakatnya. Salah satu jalan menuju kemandirian tentu saja melalui pengembangan ekonomi kreatif, yang merupakan sebuah usaha berbasis kreativitas dan kemandirian yang mampu menjadi roda penggerak perekonomian Indonesia.

Memulai untuk membuka usaha mikro memang tidak mudah, membutuhkan informasi juga keteladanan dalam menjalankan, namun bukan hal sulit apabila tetap gigih berusaha. Siapa juga yang bisa menyia-nyiakan kesempatan demi menghasilkan keuntungan besar?

Apa Itu Ekonomi Kreatif?

Bisnis yang sehat dan pasar yang lancar adalah idaman dari setiap orang, selain bisa meraup keuntungan, juga bisa memberikan keberlanjutan dalam penanganan usaha. Konsep ini tidak melulu tentang bisnis yang besar, tidak jarang dimulai dari tahap mikro.

Mungkin kamu belum menyadari, secara umum konsep ekonomi ini adalah pengembangan usaha yang mengedepankan ide-ide kreatif dan informatif di era modern.

Pengembangan ekonomi ini di era yang modern sangat signifikan, dimana usaha-usaha kecil menengah mikro dapat mendongkrak perekonomian. Selain itu, juga dapat meningkatkan pendapatan daerah hingga perekonomian negara ikut meningkat.

Informasi, sumber daya manusia, kreativitas, dan juga inovasi adalah point utama untuk kamu memulai menanam usahamu dalam usaha kreatif.

Apa Manfaat Ekonomi Kreatif?

Bukan hanya untuk pengembangan usaha individu, tapi dengan kamu membuka peluang awal, ada banyak manfaat bagi orang sekitar maupun lingkungan lho. Nah, manfaatnya yaitu:

  1. Menciptakan lapangan kerja baru
  2. Membantu masyarakatnya lebih kreatif
  3. Meminimalisir angka pengangguran
  4. Menginovasi bisnis-bisnis baru
  5. Menciptakan kompetisi pasar yang sehat

Dengan banyaknya peluang dan manfaatnya, industri ini juga menjadi sebuah cita-cita negara Indonesia kedepannya. Dimana tertuang dalam nawacita pengembangan usaha mikro kecil menengah, dan juga pengembangan SDM.

Apa Saja Jenis-Jenis Usaha Dalam Industri Kreatif?

Ada banyak sekali bidang dalam pengembangan usaha kreatif, mulai dari hal yang sederhana dan didasari hobi sampai bidang usaha jasa yang membutuhkan ketelitian dalam mengerjakannya. Mari simak jenis bidang usaha dalam industri kreatif, berikut ini:

1. Usaha Bidang Kuliner

Siapa yang tidak kenal dengan jajanan sewaktu sekolah dasar, yakni telur gulung? Apabila dikreasikan usaha ini juga dapat dijadikan ladang bisnis dengan sekian keuntungan, lho.

2. Usaha Bidang Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan atau handicraft merupakan barang-barang kerajinan yang dapat diuntungkan juga. Contoh produknya seperti kotak pensil dari kayu, jam tangan dari kayu, atau gantungan kunci sebagai oleh-oleh khas dari suatu daerah

3. Usaha Bidang Musik

Siapa sangka di bidang musik juga merupakan ide kreatif untuk dijadikan ladang bisnis. Kamu tidak memerlukan band sebagai pengiring, kamu juga bisa membuat free beat  dan diuangkan. Dengan modal yang minimum, tapi keuntungannya besar.

4. Usaha Bidang Advertising

Usaha bidang periklanan juga termasuk dalam industri kreatif, yang mana dalam periklanan ada kegiatan desain grafis flyer atau pembuatan iklan yang menarik untuk olshop kalian. Hal ini tentu membutuhkan ide-ide kreatif yang cemerlang, bukan?

5. Usaha Bidang Barang Seni

Di era milenial sekarang, keinginan kawula muda dengan barang seni cukup tinggi. Nah, bidang ini juga bisa sekali dijadikan ladang bisnismu, yakni dengan menjual barang-barang yang memiliki nilai seni.

6. Usaha Bidang Jasa Seni

Saat ini bidang jasa seni juga sedang digandrungi oleh kaum muda, jasa seni termasuk salah satu usaha seperti fashion consultant. Jika kamu hobi dan pandai untuk mix and match outfit sehari-hari, boleh mencoba usaha ini, lho.

7. Usaha Bidang Seni dan Pertunjukan

Usaha ini, selain dapat meningkatkan skill yang kita punya, juga bisa menghasilkan, lho. Banyak sekali usaha yang termasuk dalam bidang ini seperti seni teater, film, ataupun drama musikal dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah

8. Usaha Bidang Komputer dan Teknologi

Masa-masa modern seperti sekarang ini rasanya sangat dekat dengan komputer maupun bidang teknologi. Bidang usaha ini juga termasuk industri kreatif, dimana di dalamnya bisa saja untuk membuat startup berbasis aplikasi mobile. Nah, siapa sangka video games juga termasuk industri kreatif?

Jenis-jenis di atas memang belum semua bidang dapat dijabarkan, tapi kedelapan bidang tersebut adalah jenis usaha yang paling sering ditemui dan mudah dalam membangunnya. Jadi, tidak heran pasar dari bidang-bidang tersebut mudah untuk dijangkau.