Mengapa Tune Up Mobil Bersifat Wajib? Berikut 5 Manfaatnya

Mengapa Tune Up Mobil Bersifat Wajib? Berikut 5 Manfaatnya

Untuk menjaga agar mobil kesayangan anda tetap awet, disarankan untuk melakukan tune up secara berkala setidaknya setahun sekali. Tune up merupakan suatu rangkaian kegiatan pengecekan, perawatan, dan pembersihan komponen-komponen tertentu pada mobil yang dilakukan dengan tujuan untuk menjaga kondisi mobil agar tetap prima.

Tune up berbeda dengans servis mobil pada umumnya karena proses tune up lebih banyak untuk memastikan agar mobil mendapatkan perawatan yang tepat. Umumnya proses tune up meliputi pembersihan atau penggantian busi, pembersihan filter udara, mengganti tutup distributor yang kotor, pemeriksaan aki mobil, pengecekan karburator dan throttle body, pengecekan tegangan V belt, dan pengecekan berbagai zat fluida mobil.

Fungsi Tune Up Mobil

Proses tune up yang lebih banyak membuatnya membutuhkan waktu lebih panjang dan biaya yang lebih tinggi dibandingkan servis mobil. Namun tentu saja manfaat yang akan dirasakan berbeda dan membuat mobil juga akan lebih awet dan tahan lama serta tidak mudah mengalami kerusakan. Tune up memiliki berbagai manfaat yang bisa didapatkan sehingga anda tidak perlu lagi ragu untuk tune up mobil sebelum terlambat.

  1. Memaksimalkan performa mesin

Salah satu tujuan dari tune up mobil yaitu untuk memaksimalkan performa mesin mobil sehingga bisa lebih awet dan tahan lama. Sudah menjadi hal umum bahwa mesin mobil yang sering digunakan maupun jarang digunakan seiring berjalannya waktu performanya akan tetap menurun.

Apabila performa mesin mobil sudah menurun pasti kinerja mesin-mesin mobil juga sudah berbeda dan tidak seperti baru lagi yang apabila tidak dirawat dengan tepat maka mobil dapat mengalami kerusakan. Pengemudi juga akan merasa tidak nyaman saat mengendarai mobil. Maka dari itu tune up diperlukan untuk mengembalikan kondisi mobil seperti semula.

  1. Menghindari kerusakan yang lebih parah

Mobil yang tidak dirawat secara berkala maka dapat mengalami penurunan kualitas yang apabila dibiarkan secara terus menerus tanpa dilakukan perbaikan yang tepat maka dapat membuat mesin akhirnya mengalami kerusakan parah bahkan kerusakan permanen yang fatal.

Maka dari itu tune up dibutuhkan untuk menghindari kerusakan yang lebih parah dengan cara memeriksa komponen mobil untuk dilakukan penyetelan dan pembersihan yang tepat sesuai dengan kondisi mobil agar mesin mobil tetap terjaga dan tidak mengalami kerusakan yang lebih parah.

  1. Menjaga kondisi mobil agar tetap awet

Tune up juga dilakukan untuk menjaga agar kondisi mobil tetap awet sehingga dapat digunakan dalam jangka panjang hingga bertahun-tahun. Tune up memiliki pengaruh yang penting untuk menjaga kondisi mesin mobil dan juga memberikan dampak positif apabila dilakukan secara rutin.

Mobil akan senantiasa terawat dan apabila terjadi kerusakan kecil maka bisa segera ditangani atau mengganti komponen tertentu agar tidak terlanjur mengalami kerusakan parah sehingga mobil dapat tetap awet.

  1. Memastikan filter udara berfungsi dengan baik

Fungsi tune up berikutnya yaitu menjaga agar filter udara dalam mobil tetap berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya. Apabila terjadi masalah pada filter udara maka dapat berakibat pada suhu ruangan di dalam mobil anda. Suhu udara yang tidak stabil juga dapat berdampak pada performa mesin mobil serta dapat mempercepat kerusakan pada komponen mesin mobil karena menjadi cepat panas. Maka dari itu proses tune up umumnya akan memeriksa filter udara mobil.

  1. Memastikan semua komponen mesin stabil

Yang tidak kalah penting dari dilakukannya tune up secara rutin yaitu untuk memastikan apakah semua komponen mesin mobil dalam keadaan stabil dan juga masih mampu untuk menjalankan fungsinya masing-masing dengan baik. Maka dari itu penting untuk melakukan tune up karena kondisi komponen mobil yang stabil akan berdampak positif pada mobil sehingga tetap terjaga dan awet.

Meskipun harga tune up mobil memang lebih mahal dibandingkan harga servis mobil namun tentu saja hasil yang didapatkan akan lebih memuaskan. Biasanya harganya tergantung pada perbaikan komponen yang dilakukan. Namun apabila anda ingin mendapatkan harga tune up yang lebih murah maka bisa melakukan booking di Otomall.id untuk wilayah Jabodetabek. Anda bisa menghemat hingga 30% dibandingkan di bengkel resmi dan bengkel umum.