Jabatan Tingkatan Pangkat Polisi Golongan Bintara Tinggi

Jabatan Tingkatan Pangkat Polisi Golongan Bintara Tinggi

Pangkat polisi Bintara Tinggi merupakan golongan calon perwira yang setara dengan Warrant Officer (WO) di negara-negara lain. Bintara Tinggi terdiri dari Ajun Inspektur Polisi Satu dan Ajun Inspektur Polisi Dua di Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Pembantu Letnan Satu dan Pembantu Letnan Dua di TNI (Tentara Nasional Indonesia).

Bintara Tinggi dapat mengangkat seorang perwira namun harus berdasarkan hukum kapal dalam sebuah organisasi militer, berbeda dengan perwira terkomisi yang harus sesuai berdasarkan komisi. Untuk perwira non-terkomisi biasanya harus berdasarkan nilai senioritas saat diangkat menjadi perwira.

Berdasarkan daftar pustaka Pangkat Bintara Tinggi pertama kali digunakan pada abad ke-13 oleh Angkatan Laut Britania Raya. Pangkat ini sekarang sudah digunakan di banyak negara dalam sebagian besar layanan yang diberikan terutama pada negara-negara Persemakmuran dan Amerika Serikat.

Tingkatan Pangkat Polisi Bintara Tinggi

  1. Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu)

Ajun Inspektur Polisi Satu atau yang disingkat sebagai Aiptu merupakan tingkat kedua dalam golongan Bintara Tinggi di Kepolisian Republik Indonesia dan setara dengan Pembantu Letnan Satu atau Peltu di TNI Militer. Tanda kepangkatan untuk melambangkan tingkatan ini yaitu dua buah segitiga yang bersambung berwarna perak atau menyerupai huruf M berjumlah dua buah yang disusun secara vertikal.

Dulunya Ajun Inspektur Polisi Satu disebut dengan Pembantu Letnan Satu sebelum tahun 2000 dan sebelum tahun 2001 disebut sebagai Ajun Inspektur Polisi I. Hingga saat ini kemudian disingkat menjadi Aiptu atau Ajun Inspektur Polisi Satu.

  1. Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda)

Ajun Inspektur Polisi Dua atau yang disingkat menjadi Aipda merupakan tingkatan pertama dalam golongan Bintara Tinggi di Kepolisian Republik Indonesia yang setara dengan Pembantu Letnan Dua atau Pelda pada TNI Militer. Ajun Inspektur Polisi Dua juga dulunya disebut sebagai Pembantu Letnan Dua.

Tanda pangkat polisi yang menunjukkan tingkatan ini yaitu sama dengan Ajun Inspektur Polisi Satu dengan dua segitiga bersambung. Hanya saja Aipda hanya memiliki satu buah saja yang berbentuk M, berbeda dengan Aiptu yang terdiri dari dua buah yang disusun sejajar.