Hal yang Harus Ditulis Pada Daftar Isi

Hal yang Harus Ditulis Pada Daftar Isi

Daftar isi sudah menjadi hal yang wajib dicantumkan pada laporan, buku, maupun skripsi ataupun karya ilmiah lainnya. Daftar isi ini merupakan sebuah judul dan sub judul yang dituliskan beserta dengan halamannya sebagai petunjuk untuk memudahkan pembaca menemukan apa yang dicari.

Unsur-unsur Daftar Isi

  1. Halaman judul

Halaman judul harus dimasukkan dalam daftar isi. Pada halaman judul biasanya terdapat judul, logo sekolah, kuliah, instansi, organisasi, dan lainnya, tujuan penulisan karya ilmiah, nama penyusun atau penulis, nama organisasi, sekolah, instansi, dan tahun penulisan.

  1. Kata pengantar

Kata pengantar berisi ucapan puji syukur, gambaran harapan dari penyusun atau penulis, dan ucapan terima kasih.

  1. Latar belakang

Latar belakang merupakan halaman yang berisi halaman pokok yang menjadi masalah dari dilakukannya penelitian tersebut.

  1. Batasan masalah

Batasan masalah yaitu lanjutan dari latar belakang atau masalah yang sudah dipersempit dari karya ilmiah yang ditulis.

  1. Rumusan masalah

Rumusan masalah adalah poin-poin penting dalam karya ilmiah yang biasanya ditulis dalam bentuk pertanyaan sesuai dengan topik yang dibahas dalam karya ilmiah.

  1. Tujuan

Tujuan ini menjelaskan tujuan dari si penulis mengapa menulis karya ilmiah tersebut. Tujuan ini berhubungan dengan masalah yang telah dibahas pada latar belakang serta pada rumusan masalah.

  1. Manfaat

Manfaat yaitu manfaat dari penulisan karya ilmiah baik untuk penulis, peneliti selanjutnya, organisasi, sekolah, perguruan tinggi, dan yang bersangkutan.

  1. Identifikasi masalah

Identifikasi masalah merupakan pendekatan yang dilakukan oleh penulis terhadap masalah yang akan dianalisa dan dicari tahu penyelesaiannya. Penulis akan menganalisa masalah-masalah sesuai dengan topik karya ilmiah.

  1. Hipotesis

Hipotesis merupakan sebuah dugaan sementara yang sudah ada sebelumnya dan akan diteliti ulang pada karya ilmiah yang dikerjakan oleh penulis untuk membuktikan apakah hipotesis tersebut benar adanya.

  1. Kesimpulan

Kesimpulan adalah inti dan hasil dari penelitian dari karya ilmiah yang ditulis.

  1. Saran

Saran ditulis untuk pembaca, peneliti selanjutnya, organisasi, kuliah, dan yang berhubungan.

11 poin ini menjadi unsur-unsur yang wajib ada dalam daftar isi. Selain itu, masih terdapat hal yang biasanya terdapat pada daftar isi yaitu pembahasan yang merupakan bab 2. Bab 2 ini memiliki isi yang sesuai dengan topik karya ilmiah yang dibahas.