Hal Yang Harus Dilakukan Jika Anda Positif Corona

Hal Yang Harus Dilakukan Jika Anda Positif Corona

Corona merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus COVID-19. Penyakit ini merupakan penyakit yang berbahaya. Dimana penyebaran virus ini terjadi apabila berhubungan langsung dengan penderita Corona. Penyebaran virus dapat dilakukan melalui udara ataupun barang – barang yang telah terpapar oleh virus tersebut. Sehingga penyebaran virus ini begitu cepat dan dapat menjangkau beragam masyarakat, tidak pandang usia.

Virus COVID-19 akan mengiritasi sistem pernapasan yang akan memberikan dampak yakni memperburuk sistem pernafasan penderitanya. Hal tersebut menjadikan virus ini begitu ditakuti oleh masyarakat. Apabila penderita Corona tidak memiliki imunitas yang baik maka virus tersebut akan dengan mudahnya menyerang sistem pernafasan dan melemahkan imunitas dalam tubuh. Maka dari itu, orang yang memiliki imunitas rendah harus pandai menjaga diri dan perbanyak konsumsi makanan sehat dalam keseharian mereka.

Penyakit Corona dapat dideteksi melalui serangkaian tes yang dilakukan kepada penderita. Apabila anda mengalami gejala pasien Corona maka ada baiknya anda melakukan serangkaian tes dan mengisolasi diri anda agar tidak meresahkan penduduk sekitar anda dan juga agar anda mendapatkan perawatan intensif. Penderita positif Corona akan memiliki gejala seperti kesulitan bernafas, bibir dan wajah menjadi biru, memiliki rasa kantuk yang tinggi, nyeri pada dada hingga tidak dapat berpikir jernih. Jika mendapat gejala tersebut, maka perlu dilakukan serangkaian test seperti rapid test hingga tes swab untuk menentukan apakah anda positif Corona.

Apabila anda merupakan pasien positif Corona, maka anda harus mendapatkan perawatan intensif. Pasien positif Corona dapat diketahui apabila dua rangkaian tes tersebut menghasilkan dan menerangkan bahwa anda merupakan pasien positif Corona. Selanjutnya anda harus mendapatkan perawatan dan mengisolasi diri anda untuk mencegah penularan lanjutan kepada masyarakat luas. Bagi pasien positif Corona, beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menyembuhkan diri yakni :

  1.     Melakukan isolasi mandiri atau mendapatkan perawatan medis
  2.     Menggunakan masker setiap saat
  3.     Rajin mencuci tangan dengan sabun atau selalu membawa hand sanitizer
  4.     Menutup hidung dan mulut ketika bersin menggunakan siku atau bersin dalam baju yang dikenakan.
  5.     Sering membersihkan benda yang kontak dengan masyarakat banyak seperti kenop pintu dan sejenisnya.
  6.     Mendapatkan sirkulasi udara yang baik dalam ruangan tersebut.

Pasien positif Corona biasanya membutuhkan waktu isolasi selama 14 hari. Dimana pasien akan dinyatakan sembuh setelah serangkaian tes yang dilakukan berulang seperti rapid test, test swab hingga rontgen paru – paru menyatakan kondisi pasien baik. Masa inkubasi virus akan terjadi selama 14 atau lebih tergantung kepada imunitas pasien. Sehingga ketika pasien dinyatakan sembuh, beragam tes yang dilakukan tersebut menunjukkan hasil negatif dan pasien dapat pulang.

Ketika anda merasakan beberapa gejala mirip flu disertai dengan sesak nafas, maka anda wajib memeriksakan diri kepada pelayanan kesehatan. Hal tersebut dilakukan agar anda cepat mendapatkan perawatan terkait penyakit yang anda derita. Apabila anda dinyatakan positif Corona, anda tidak perlu bingung dan khawatir. Anda dapat melakukan isolasi mandiri atau perawatan dalam rumah sakit untuk menyembuhkan anda. Dengan olahraga rutin dan konsumsi makanan kaya akan multivitamin, maka anda dapat sembuh dari penyakit Corona dengan cepat. Ada baiknya selagi anda sehat, anda dapat menekan penularan virus dengan pola hidup sehat dan bersih tiap harinya. Dengan begitu, anda dapat memastikan keluarga dan kerabat anda sehat selalu.