Gejala Umum Maag, Waspadai Juga Penyebab dan Tingkat Keparahannya

Gejala Umum Maag, Waspadai Juga Penyebab dan Tingkat Keparahannya

Gejala umum maag, tentu saja harus kita waspadai. Dengan deteksi dini gejala maag tersebut, maka dalam penyembuhannya akan semakin mudah kita lakukan.

Penyakit maag ini sering disebut sebagai radang lambung atau tukak lambung. Gangguan kesehatan yang menyerang lambung ini terjadi karena luka yang menyebabkan peradangan.

Pada saat kondisi inilah, yang kemudian dapat menimbulkan rasa sakit dan perih pada perut. Bila tidak mendapatkan penanganan yang tepat, bukan tidak mungkin jika penyakit ini akan semakin parah.

Gejala Umum Maag, Waspadai Juga Penyebab dan Tingkat Keparahannya

Sebelum kita membahas mengenai gejala maag ini, ada baiknya untuk mengetahui apa saja faktor pemicunya. Sebab, gejala maag ini tidak akan muncul bila tidak ada faktor sebagai pemicunya.

Terkadang sebagian besar orang berasumsi bahwa penyebab maag kambuh karena telat makan. Tak lepas dari penyebab yang satu ini, maag juga dapat dipicu dari saluran pencernaan yang terganggu.

Selain itu, juga karena pola makan yang kurang teratur, adanya penyakit tertentu, efek samping minum obat, dan penyebab lainnya. Lalu apa saja gejala umum maag yang sering terjadi? Berikut akan kami rangkumkan selengkapnya untuk anda.

Sakit Perut

Sakit perut merupakan salah satu gejala sakit maag yang sering terjadi. Gejala ini biasanya terjadi karena beberapa hal atau penyakit.

Seperti terjadinya peradangan hingga infeksi lambung. Selain itu, sakit perut ini juga dipicu oleh tukak lambung maupun penyakit lain yang berhubungan dengan sistem pencernaan.

Terkadang penderita maag yang mengalami gejala umum maag ini akan merasakan sakit pada bagian perut atas. Kemudian berlanjut dengan timbulnya gejala lain seperti perut mual.

Nyeri pada Ulu Hati

Gejala lainnya yang sering terjadi adalah timbulnya rasa nyeri pada ulu hati. Rasa nyeri tersebut bahkan seperti terbakar atau heartburn.

Penyebab gejala umum maag ini karena tingginya asam lambung yaitu heartburn. Gejala tersebut terasa seperti sensasi panas pada kerongkongan, dada, dan ulu hati.

Asam lambung yang terjadi secara berlebihan dapat mengalir ke atas. Kemudian, asam lambung akan terus mengalir hingga ke ulu hati, dada, kemudian kerongkongan.

Terkadang gejala sakit maag ini terjadi pada orang yang mempunyai GERD atau refluks asam lambung. Penting untuk kita ketahui, setiap orang mengalami gejala heartburn yang berbeda-beda.

Ada yang hanya merasakan sakit ringan, biasa saja, hingga rasa sakit yang sangat kuat. Rasa nyeri pada dada seolah-olah terbakar ini dapat terjadi kapan saja.

Sehingga tingkat kewaspadaan kita terhadap gejala umum maag ini harus semakin tinggi. Pada umumnya, gejala maag ini akan semakin memburuk dan parah ketika malam hari.

Tingkat Parahnya Penyakit Maag

Tak hanya penyebab maupun gejala umumnya saja yang harus kita perhatikan. Tingkat keparahan dari penyakit maag ini pun juga bermacam-macam, antara lain sebagai berikut:

Sakit Maag Ringan

Sakit maag ringan ini terjadi ketika pertama kali terserang gangguan. Kondisi ini umumnya terjadi karena kadar asam lambung yang berlebihan.

Sakit Maag Sedang

Untuk sakit maag sedang, umumnya memperlihatkan gejala yang jauh lebih berat bila kita bandingkan dengan sakit maag ringan. Penderita akan merasakan, mual, nyeri, dan rasa sakit.

Sakit Maag Kronis

Sakit maag kronis ini terjadi ketika maag yang sudah parah. Jenis sakit maag ini terjadi akibat sakit maag ringan yang tidak mendapatkan penanganan dengan segera dan secara tepat.

Maka dari itu, intensitas sakitnya akan semakin parah. Selain itu, agar sakit maag kronis ini tidak terjadi, ada baiknya untuk memperhatikan dan memberikan penanganan yang tepat saat gejala umum maag terdeteksi.