Belajar Di Rumah Sebagai Solusi Di Masa Pandemi

Belajar Di Rumah Sebagai Solusi Di Masa Pandemi

Saat ini dunia sedang di landa dengan virus COVID-19 yang mengharuskan orang-orang untuk mengurangi kegiatan bertatap muka agar dapat menghambat penyebaran virus tersebut. Maka dari itu banyak lembaga pembelajaran yang menyediakan digital learning sebagai alternatif mereka untuk tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Konsep ini menggunakan aplikasi video call seperti Google Meet, Zoom dan sejenisnya untuk bertatap muka dan melakukan kegiatan belajar mengajar. Selain itu banyak juga kantor yang menerapkan sistem WFH (Work From Home) agar para karyawan mereka tidak terlalu sering bertatap muka dan berkumpul. Adapun beberapa kantor yang masih menerapkan WFO (Work From Office) dikarenakan beberapa hal yang mengharuskan mereka untuk bertatap muka. Untuk kamu yang ingin memiliki atau mendalami keahlian yang lain ada beberapa alternatif belajar secara online yang dapat kamu lakukan.

  1.   Bimbel Online

Banyak sekali program bimbingan belajar yang ada di Indonesia. Untuk kamu yang sudah memiliki rencana kedepan,  kamu bisa mengambil program bimbingan belajar secara online yang sesuai dengan minat kamu. Sebagai contoh Bimbel polisi untuk kamu yang ingin mendaftar di AKPOL (akademi polisi) Indonesia, kamu bisa mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan proses pendaftaran Akademi polisi di Indonesia.  dan masih banyak lagi program bimbingan belajar yang lain yang bisa kamu ambil dan pelajari secara online dari rumah. dengan begitu kamu bisa mempelajari hal baru dengan tidak bertatap muka secara langsung dengan orang lain.

  1. Otodidak Melalui Video

saat ini sudah banyak sekali content creator yang membuat berbagai macam materi yang bisa kamu pelajari secara gratis di platform media video seperti YouTube. Kamu bisa mempelajari banyak hal baru hampir tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.  metode pembelajaran yang kamu lakukan pada cara ini adalah otodidak atau belajar sendiri. ada beberapa kelebihan dan kekurangan belajar secara otodidak di rumah. Kelebihannya diantara lain adalah, tidak terikat oleh waktu dan tempat, bisa di dapatkan secara gratis dan lain sebagainya. Kekurangannya adalah kamu tidak memiliki teman atau rekan yang sedang belajar mengenai materi atau topik yang sama untuk diajak berdiskusi. Kamu juga tidak memiliki guru atau mentor yang secara langsung membimbing dan mengawasi kamu.

  1. Privat Online 

Les privat memiliki konsep yang tidak jauh beda dengan bimbel online.  Perbedaannya adalah Bimbel Online Mengikutsertakan beberapa atau banyak orang dalam kegiatan belajar mengajar.  apabila kamu mengambil les privat secara online maka kegiatan belajar mengajar diadakan secara lebih intens yaitu satu guru satu murid atau beberapa murid yang terbatas. Dengan begitu proses kegiatan belajar mengajar pun akan jauh lebih kondusif dibandingkan dua metode sebelumnya.  akan tetapi untuk mengambil program les privat secara online Kamu mungkin akan mengeluarkan kan biaya yang tidak sedikit untuk memperolehnya.

Itu adalah tiga cara yang bisa kamu lakukan untuk mempelajari hal baru dari rumah. Tidak memandang lokasi mau kamu tinggal di perumahan Bekasi, Semarang, Bogor selama daerah tersebut memiliki sinyal yang memumpuni kamu selalu akan bisa untuk mengikuti proses belajar mengajar secara online.