4 Tips Membersihkan Noda Membandel di Alat Kopi

4 Tips Membersihkan Noda Membandel di Alat Kopi

Bukan hal yang aneh jika Anda menemui noda di peralatan coffee maker yang Anda miliki. Noda yang ditinggalkan kopi merupakan salah satu jenis noda yang cukup sulit hilang. Alat kopi yang Anda miliki sudah pasti tidak bisa bebas dari noda-noda yang ditinggalkan oleh minuman kopi. Lalu seperti apa langkah yang tepat untuk menghilangkan noda tersebut?

Membersihkan Peralatan Kopi

Salah satu cara merawat peralatan coffee maker adalah dengan menjaga kebersihannya. Jika selalu bersih maka peralatan ini akan punya usia pakai yang lebih panjang. Berikut adalah 4 tips membersihkan noda-noda membandel pada peralatan pembuat kopi Anda.

1.    Gunakan Baking Soda

Langkah pertama yang dapat dicoba agar bisa menghapus noda pada peralatan coffee maker adalah mencucinya dengan baking soda. Caranya cukup sederhana, Anda tinggal memasukkan baking soda ke peralatan kopi yang kotor. Gosok bagian yang bernoda tadi memakai sponge yang lembut. Hindari pemakaian sikat karena bisa merusak permukaan alat.

Berikan sedikit air agar lebih mudah bagi Anda untuk menggosok bagian bernoda. Lakukan perlahan hingga noda memudar. Bilas peralatan yang sudah bersih tadi memakai air. Hindari pemakaian sabun atau detergen yang bisa meninggalkan bau pada peralatan coffee maker Anda.

2.    Manfaatkan Cuka

Bagi Anda yang menggunakan mesin kopi otomatis, maka bisa mencoba membersihkannya memakai cuka. Caranya mudah yaitu dengan mengisi tangki coffee maker dengan cuka. Kemudian masukkan air ke bagian tangki atas dan nyalakan mesin coffee maker. Setelah menyala, mesin akan bekerja seperti biasa dan memanaskan cuka juga air yang ada di tangki.

Setelah pot penampungan penuh, Anda bisa menuangkan air cuka yang sudah dipanaskan tadi masuk lagi ke tangki untuk mengulangi prosesnya. Jika air dan cuka sudah keluar lagi, bersihkan pot penampungan memakai air. Kemudian masukkan air bersih ke tangki dan nyalakan coffee maker untuk melakukan pembilasan bekas cuka.

3.    Pakai Produk Khusus

Tak perlu repot-repot sebenarnya karena sekarang Anda bisa membersihkan alat kopi yang Anda miliki memakai produk khusus. Cari saja produk pembersih noda khusus pada coffee maker di marketplace. Produk ini jauh lebih simpel dan praktis untuk dipakai. Cocok sekali untuk pemilik coffee maker yang punya kesibukan tinggi.

4.    Langsung Buang Sisa Kopi

Prinsip yang satu ini penting untuk Anda ingat selama menjadi pengguna coffee maker. Segera buang sisa kopi yang dihasilkan dari proses pembuatan minuman kopi. Jangan membiarkan sisa kopi mengendap terlalu lama karena bisa memberikan bekas noda yang sangat sulit dihapus. Cara ini akan sangat memudahkan Anda untuk membersihkan coffee maker nantinya.

Itulah tadi 4 tips yang bisa diterapkan untuk menghilangkan noda-noda membandel di alat kopi yang Anda miliki. Perawatan coffee maker sebenarnya tidak terlalu sulit. Asalkan Anda tahu langkah tepat menjaga kebersihannya maka alat ini pasti bisa dipakai untuk jangka waktu yang lama.